Jumat, 11 Oktober 2019

7 Keajaiban mendengarkan musik bergenre EDM bagi kesehatanmu, nomor 4 kamu tidak akan menyangka.




Dewasa ini kaum milenial sedang digairahkan dengan  jenis musik EDM atau (Electronic Dance Music) Diantara musik-musik bergenre EDM yang lagi Hits saat ini sebut saja seperti lagu yang berjudul Entah Apa Yang Merasukimu / salah apa aku, seperti karya dj Febri Hands, Nofin Asia, dj burung gagak dan masih banyak lagi.Semakin banyaknya kreasi yang dibuat oleh para dj terbaik di tanah air membuat lagu tersebut semakin hits dan viral tidak hanya di dalam Negeri akan tetapi juga diluar Negeri.Nah apa manfaat yang kita peroleh dari mendengarkan lagu-lagu bergenre EDM ini.
Tahukah sobat milenial, ternyata dengan mendengarkan music bergenre EDM tidak hanya enak untuk didengar namun juga memiliki manfaat buat Kesehatan kita, diantaranya:

1.      1. Meningkatkan semangat dalam berolah raga dan bekerja.
Suatu penelitian yang dilansir  dalam majalah Journal of Sports Medicine di tahun 2003 menguak fakta bahwa menikmati music bergenre EDM saat sedang berolahraga (seperti lari dan bersepeda) ternyata mampu menstimulasi produksi energi di  tubuh kita. Jenis musik yang memiliki kecepatan rata-rata 140 bpm (beats per minute) ini dapat merangsang badan untuk menyesuaikan pacu gerakan terhadap musik bertempo cepat yang didengarkan, yang berakibat memungkinkan kalori yang akan terbakar  lebih banyak ketimbang biasanya.Demikian juga saat kita sedang bekerja dengan menderkan music bergenre EDM maka tubuh akan mendapatkan semacam rangsangan untuk lebih semangat dan aktif, sehingga tidak akan membuat kita mengantuk saat bekerja.


2. Meningkatkan Konsentrasi Pada Saat Melakukan Aktifitas. 
Mengutip dari buku “The Trance Experience” sebuah tulisan dari Torsten Fassbender, bahwa musik bergenre EDM mempunyai dinamika progresif yang bisa memicu otak dan pikiran kita agar lebih fokus dan berkonsentrasi akibat reaksi dari input irama-irama repetitif melalui indera pendengaran kita.

3. Menurunkan Tingkat Stress.
Dengan Menikmati lagu diwaktu sore hari khususnya lagu bergenre EDM atau sewaktu pergi bbekerja membuat keadaan psikologis sobat akan menjadi lebih baik. Hal ini Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, bahwa menikmati alunan musik yang kita sukai setiap hari akan dapat menurunkan tingkat stress yang kita derita.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung.
Sobat akan mengira bahwa musik tidak ada hubungannya terhadap kesehatan Jantung. Tetapi sebuah penelitian di “”University Maryland Medical Center” menguak fakta hubungan antara jantung yang sehat dengan kebiasaan menikmati musik. Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang sering mendengarkan musik bergenre ceria mempunyai aliran darah yang lebih lancar mencapai 26%. Akan tetapi jika mereka menikmati musik bergenre sedih, maka aliran darah mereka akan menurun hingga 6%.


5. Meningkatkan level Gelombang Beta.
Gelombang Beta adalah Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat kita melakukan kegiatan mental yang aktif secara penuh. Hasil penelitian Holler (2012), bahwa jenis musik dengan tempo bpm yang cepat dapat menaikkan kegiatan gelombang beta. Gelombang Beta dibutuhkan oleh otak ketika kita berpikir, rasional, dan memecahkan suatu masalah.

6. Mengurangi tingkat depresi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
Menurut penelitian di “Sussex University”, Inggris, bahwa menikmati musik bergenre electronic dance music setiap 50 menit akan bisa menurunkan tingkat depresi dan bisa  menaikkan zat immunoglobin A yang berguna penting pada sistem imunitas badan kita.Ini terjadi dikarenakan music bergenre electronic dance music memiliki irama-irama penuh semangat yang dapat menurunkan kadar hormon stress pada tubuh kita, sehingga bisa meningkatkan perbaikan sistem kesehatan dan psikologis kita lebih baik. 

7. Membuat otak awet 
Menurut sebuah survei yang dilaksanakan pada tahun 2001, bahwa seseorang yang terbiasa menikmati musik yang disukai terutama bergenre EDM mempunyai otak yang lebih tajam. Penelitian yang dilakukan di “University of Kansas Medical Center” mendapatkan bahwa seseorang yang terikat dan terbiasa dengan musik, seperti saat belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik mempunyai otak yang lebih awet muda ketimbang  seseorang yang tidak suka music sama sekali. 

Wah..wah…, ternyata banyak banget yah manfaat mendengarkan musik buat kesehatan dan psikologis kita, admin sendiri suka mendengarkan musik khususnya yang bergenre EDM, karena menurut admin dapat membuat semangat, fokus, bahagia dan bisa menghilangkan stress setelah lelah bekerja.Tapi jangan sampai lupa waktu ya dalam mendengarkan musik, jangan lupa waktu Ibadah, dan hal-hal positif lainnya, menyukai musik bergenre EDM boleh boleh saja, tapi jangan sampai kita terjun ke dunia dugem dan tetap jauhi yang namanya narkoba “Say NO To DRUGS” Okey sobat mataradar….selamat menikmati musik yang kamu suka dan happy enjoy with music.
Disqus Comments

Featured Post

7 Keajaiban mendengarkan musik bergenre EDM bagi kesehatanmu, nomor 4 kamu tidak akan menyangka.

Dewasa ini kaum milenial sedang digairahkan dengan   jenis musik EDM atau (Electronic Dance Music) Diantara musik-musik bergenre ED...